ISKINDO Minta Tata Ruang Laut Dirampungkan

Jakarta РPresiden Joko Widodo (Jokowi) menerima Ikatan Sarjana Kelautan Indonesia (Iskindo) di kantor presiden, hari ini. Dalam pertemuan tersebut, Iskindo meminta agar pemerintah mendorong perampungan tata ruang laut Indonesia.

“Kami sarankan pemerintah bisa merampungkan tata ruang laut nasional. Kalau tidak dirampungkan akan banyak konflik di lapangan antara pertambangan, energi, migas pariwisata dan konservasi,” kata Ketua Umum Iskindo M. Zulficar Mochtar, di kompleks Kepresidenan, Jakarta, Jumat (3/7).

Dia menambahkan, sarjana kelautan di Indonesia berjumlah kurang lebih 15.000 orang dan mereka siap mendukung pemerintah untuk melakukan pembangunan kelautan di Indonesia.

Mereka juga berharap konsep poros maritim bisa segera dituangkan dalam roadmapsehingga Indonesia bisa menjadi poros pangan berbasis kelautan, poros keragaman hayati laut hingga poros pariwisata berbasis laut.

“Tergantung komitmen pemerintah. Kita sudah banyak landasan UU (undang-undang). Ini harus didorong dalam aksi itu dari 0 sampai 200 mil,” katanya, soal waktu yang diperlukan untuk perampungan tata ruang laut.

Dalam pertemuan itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *